29 October 2011

MENGAJI AL-HIKAM




MENGAJI AL-HIKAM - Jalan Kalbu Para Perindu Tuhan
Syeikh Abu Madyan al-Maghribi (w. 594 H)
ZAMAN Kitab Klasik
RM36.00 , 427 hal



jika DIA menegakkanmu bersama-Nya, kau akan kukuh. sementara jika kau tegak sendiri, kau akan jatuh. ya ALLAH, jadikanlah kami memahami-Mu, kerana kami tidak bisa memahami-Mu kecuali dengan pertolongan-Mu


Butir-butir hikmah dalam buku ini hadir menuntun kita untuk menemukan mutiara-mutiara hakikat sehingga kita mampu melihat kenyataan dengan lensa iman; kita terjaga dari ilusi kesementaraan (dunia) hingga bergegas mengejar keabadian (akhirat); kita mengerti rambu-rambu spiritual hingga berhasil meniti diri dan melintasi segala halangan di jalan Tuhan; kita disuguhi pesan, seruan, dan arahan agar bisa merasakan nikmatnya ibadah para salik yang tak putus merindu Sang Khalik, lebih dari itu, agar peribadi kita juga seimbang, mulia di hadapan Tuhan sekaligus bermakna bagi kemanusiaan.

Selain lebih tua hampir satu abad daripada AL-HIKAM IBNU 'ATHOILLAH yang terkenal itu, al-Hikam Abu Madyan juga disebut-sebut sebagai salah satu karya terpenting spiritualitas Islam. Tak heran bila banyak ulama setelahnya mengulas kitab ini; seperti Syeikh Baisyan, Syeikh Alawi dan Ibni 'ilan as-shiddiq asy-syafi'i.


sebuah kitab yang memandu salik menuju Sang Khalik. Pesan, seruan dan arahan di dalam buku ini dikemas dalam butir-butir hikmah yang singkat namun memikat, sederhana namun membuat hati kita lekas terjaga.

No comments:

There was an error in this gadget
Related Posts with Thumbnails