17 February 2010

ENSIKLOPEDIA AKHLAK MUHAMMAD


ENSIKLOPEDIA AKHLAK MUHAMMAD
terjemahan dari Mausu’ah min Akhlaqi ar-Rasul
Abu Amar Mahmud al-Mishri
Pena Pundi Aksara



Rahasia sukses Nabi Muhammad saw dalam mendakwahkan Islam adalah senantiasa bersenjatakan budi pekerti mulia. Hal ini diakui oleh banyak pihak—non muslim maupun muslim.

Mahatma Gandi misalnya, tokoh ternama dari India ini dalam sebuah kesempatan berkata, “Saya lebih dari yakin bahwa bukan pedanglah yang memberikan kebesaran pada Islam pada masanya. Tapi ia datang dari kesederhanaan, kebersahajaan, kehati-hatian Muhammad; serta pengabdian luar biasa kepada teman dan pengikutnya, tekadnya, keberaniannya, serta keyakinannya pada Tuhan dan tugasnya.”

Dan karena itu, Sir George Bernard Shaw (The Genuine Islam,’ Vol. 1, No. 8, 1936.) menegaskan, “Saya yakin, apabila orang semacam Muhammad memegang kekuasaan tunggal di dunia modern ini, dia akan berhasil mengatasi segala permasalahan sedemikian hingga membawa kedamaian dan kebahagiaan yang dibutuhkan dunia: Ramalanku, keyakinan yang dibawanya akan diterima Eropa di masa datang dan memang ia telah mulai diterima Eropah saat ini.”

Rasulullah saw adalah manusia yang paling layak ditiru, Akhlak yang Mulia selalu tercermin dalam setiap perkataan dan tingkah laku beliau. Kemuliaan akhlak Nabi saw telah diakui bukan hanya oleh umat Islam, melainkan juga oleh kalangan nonmuslim Bahkan, Michael Hart penulis buku The 100 A Ranking of the Most Influential Persons In History - menempatkan beliau di urutan pertama tokoh yang paling berpengaruh di dunia.

Ensiklopedia ini merupakan kunci pembuka pintu-pintu kemuliaan akhlak Muhammad untuk kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja, Hal itu karena tidak ada satu pun akhlak mulia yang tidak beliau ajarkan dan pasti beliau mencontohkan dalam kehidupan nyata. Ensiklopedia ini memerinci akhlak-akhlak beliau yang niscaya menjadi panduan bagi pembaca yang menginginkan hidup selalu berhias akhlak mulia.

No comments:

Related Posts with Thumbnails