11 June 2010

MENGHIDUPKAN AL-QURAN DALAM WACANA DAN PRILAKU


MENGHIDUPKAN AL-QURAN DALAM WACANA DAN PRILAKU
Farid Esak
Inisiasi Press (indonesia)
RM42.50


Ringkasan :

Al Qur’an adalah kitab, yang dinyatakan oleh Allah SWT sendiri sebagai petunjuk bagi manusia, pembeda antara kebenaran dengan kebatilan, cahaya yang menerangi dan mengentaskan manusia dari kegelapan menuju cahaya. Al Qur’an juga adalah kitab yang diturunkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Tetapi secara subjektif, apakah Al Qur’an sudah menjadi “pegangan hidup bagi kita”, dalam berpikir, mengembangkan wacana dan berperilaku? Inilah persoalan besar yang dihadapi umat Islam. Di tengah pergumulan wacana dan perilaku, dimana budaya dan peradaban Barat yang begitu dominan ini, senyatanya membuat pemikiran, wacana dan perilaku umat Islam berada “di simpang jalan”. Lalu bagaimana kita bisa menjadi Muslim yang kaffah, jika hal itu terus berlangsung?

Buku dengann judul “Menghidupkan Al Qur’an, dalam wacana & perilaku” karya Farid Esack ini bisa menjadi pertimbangan penting dalam kita menentukan pola interaksi dengan Al Qur’an. Ditulis dengan bahasa akademis dan sekaligus cultural yang Islami, penulis mampu memetakan bagaimana beragam manusia berinteraksi dengan Al Qur’an dan juga menghasilkan penafsiran menarik ayat-ayat Al Qur’an dalam kehidupan intelektual di era kontemporer ini.

No comments:

There was an error in this gadget
Related Posts with Thumbnails