05 June 2009

The Wisdom Of Hasan Al-Bashri


The Wisdom Of Hasan Al-Bashri
Nasihat-Nasihat Penerang Hati




Dalam jajaran mistikus muslim, Hasan al-Bashri termasuk tokoh senior yang diperhitungkan. Spiritualitasnya yang tinggi dan kehidupan zuhudnya yang menggugah hati menjadi referensi dan inspirasi bagi orang beriman dari masa ke masa. Hal ini wajar sebab beliau pernah melihat langsung pola dan gaya hidup para sahabat yang mendapatkan pencerahan spiritual langsung dari guru Islam pertama, Rasulullah saw.

Banyak orang berkumpul di majelisnya untuk mendengarkan wejangan dan nasihat segala aspek kehidupan, terutama cara menajamkan dan mengembangkan moral dan spiritual. Penampilannya begitu santun, ramah, penuh kasih, dan bersahaja. Nasihat-nasihat spiritualnya begitu mudah menembus kedalaman hati para muridnya, karena beliau memang mampu tampil sebagai contoh ideal dari semua ajarannya. Baginya, nasihat dengan perbuatan jauh lebih efektif dibandingkan nasihat dengan kata-kata.

Sayangnya, nasihat-nasihat luhur beliau selama ini diakses semua orang karena masih bertebaran di berbagai kitab klasik, seperti Ihya’ ‘Ulûm al-Dîn al-Gazâlî, Qûth al-Qulûb Abî Thâlib al-Makkî, sampai kitab Al-Zuhd Imam Ahmad.
Kehadiran buku ini sangatlah membantu kita untuk mengenal sosok, pikiran, ajaran, dan nasihat-nasihat spiritual beliau secara lebih mendalam, untuk kemudian diamalkan dalam perilaku keseharian kita.

No comments:

There was an error in this gadget
Related Posts with Thumbnails