26 October 2008

MALAM PERTAMA DI ALAM KUBUR


MALAM PERTAMA DI ALAM KUBUR
Dr. Aidh alQarni , Dr. Muhammad bin Abdurrahman,
Syeikh Muhammad Husain Ya'kub
Pustaka Noor
RM , 136 hal

Kematian, sesuatu yang selalu menjadi kata kunci, baik kata kunci yang mewakili akhir episode kehidupan manusia di dunia, maupun kata kunci berbagai nasehat yang menghunjam dalam hati.

Itulah sebab, leluhur umat Islam yang shalih menjadikan “mengingat kematian” sebagai salah satu obat penyakit hati yang paling mujarab.

Pun, kematian adalah sesuatu yang pasti. Ia tidak meleset meski hanya sedetik. Namun demikian, tidak ada seorang pun tahu kapan ia datang. Kematian seringkali menyergap tanpa pernah bisa diduga sebelumnya, kita mesti selalu siap, dan tentunya Husnul Khotimah menjadi pilihan.

Buku ini adalah kompilasi dari tiga tulisan ulama-ulama terkemuka dari dataran Najd (Arab Saudi). Di dalamnya, sarat dengan tadzkirah untuk mengingat kematian. Kita memang perlu nasehat, karena hiruk-pikuk dunia kadang melalaikan. Bukankah, sudah menjadi sunnatullah bagi setiap orang; Iman itu pasang surut? Kadang bertambah dan kadang berkurang? Karenanya kita perlu pupuk penyubur, terutama ketika kondisi keimanan kita dalam keadaan kritis.

Ditulis oleh para pakar spiritualis dan psikologi Islam, buku ini memiliki banyak kelebihan. Tidak sekadar setumpuk teori kaku, tapi lebih merupakan sebentuk nasehat dengan gaya bertutur, reflektif, penuh bahan renungan yang keluar dari bahasa hati, dikokohkan dengan ibrah dari kisah-kisah pilihan.

Karenanya buku ini tidak hanya enak dibaca, kita juga akan dibawa hanyut oleh perjalanan hati para penulis.

No comments:

There was an error in this gadget
Related Posts with Thumbnails